Site Overlay

Temuan Unair: 3 Sampel Virus dari Bangkalan Mirip secara Varian di Kudus

jpnn. com , SURABAYA – Pemantauan sementara Universitas Airlangga (Unair) Surabaya atas virus dengan menyebar di Bangkalan, Madura, Jawa Timur menunjukkan bercak terang. Virus tersebut diduga varian B16172 Delta.

Rektor Unair Surabaya Prof Dr Mohammad Nasih menyatakan  proses whole genome sequencing yang dilakukan Institute of Tropical Disease (ITD) masih belum tuntas.  

Menurutnya, hanya 24 dari 40 sampel yang bisa diproses. Adapun tiga sampel antara lain baru selesai diteliti.  

“Sampelnya agak kurang sempurna. Kemarin dibawa ke mana-mana jadi dari 24 sampel yang di-running masih dalam proses, ”  ujarnya, Senin (14/6).

Menangkap Juga:

Namun, ada dugaan bahwa  tiga contoh virus yang didapat dari Bangkalan itu mirip dengan varian yang saat ini menyebar di Kudus, Jawa Tengah.

“Ciri-cirinya juga kurang lebih sama, ” ungkap tempat.

Sebelumnya ada 28 warga Suci terpapar virus yang awalnya menyebar pesat di India itu. Namun, Nasih belum memastikan apakah virus dengan menyebar di Bangkalan itu sama dengan varian pada Kudus.

Baca Juga:

“Ini masih belum pasti, karena kami sedang dalami bertambah lanjut, ” tutur dia.  

Oleh karena itu, Nasih enggan menyimpulkan virus dengan menyebar di Bangkalan adalah varian B16172 Delta. Pokok, dia masih menunggu kepastian dari tim peneliti untuk menyelesaikan whole genome sequencing   atas 24 sampel yang lain.