Site Overlay

Menteri Juliari Ajak Jajaran Kemensos Memacu Sinergi demi Tugas Mulia dalam Masa Pandemi

jpnn. com , JAKARTA – Gajah Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengingatkan jajarannya terus memperkuat sinergi guna menghadapi tantangan besar dalam masa pandemi.

Saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) merupakan satu diantara leading sector dalam penanganan pandemi Covid-19. Tugas Kemensos ialah menyediakan jaring pengaman sosial (JPS) sebagai bentuk kehadiran negara terhadap klub miskin dan kelompok rentan yang terimbas pandemi.

Menurut Mensos Juliari, tugas tersebut memang tak mudah. Namun, katanya, tugas itu merupakan ladang luhur untuk membantu masyarakat.

Baca Juga:

“Kami tidak menyangka di tahun 2020 ini ada bencana dahsyat di mana peran Kemensos sangat fundamental pada hal perlindungan sosial terhadap masyarakat, ” kata Juliari di agenda Virtual Town Hall Meeting yang digelar secara daring, Jumat (9/10).

Sebagai catatan, pada 25 Oktober mendatang Juliari langsung setahun sebagai orang nomor kepala di Kemensos. Dengan anggaran sebesar Rp 134, 008 triliun, Kemensos berhasil menduduki peringkat satu jadi kementerian dengan penyerapan anggaran terkemuka.

Anggaran Kemensos terus meningkat sejalan dengan tugas menyediakan JPS. Dari pagu indikatif sebesar Rp 62, 7 triliun, anggaran Kemensos meningkat menjadi Rp 104, 4 triliun, kemudian direvisi lagi hingga menyentuh Rp 124 triliun, dan akhirnya dipatok sejumlah Rp 134, 008 triliun atau terbesar dari seluruh kementerian/lembaga (K/L).

Baca Juga:

Kemensos tidak hanya menjadi dengan paling moncer dalam penyerapan anggaran. Sebab, hal itu juga dibarengi tata kelola anggaran yang jalan sehingga laporan keuangan Kemensos menggondol predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut dari BPK.

Oleh karena itu Mensos Juliari mengapresiasi semesta jajaran Kemensos yang telah main keras dalam mempercepat penyerapan anggaran sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.