Site Overlay

Bu Ani Ungkap 5 Fokus Penguatan untuk Menjaga Stabilitas Keuangan Nasional

jpnn. com , JAKARTA – Menteri Keuangan RI (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan masa ini pemerintah tengah melakukan kupasan untuk penguatan kerangka kerja kemantapan sistem keuangan.

Itu dilakukan agar langkah penanganan permasalahan pada lembaga jasa maupun pasar keuangan bisa ditangani dengan bertambah efektif dan dapat diandalkan ( reliable ).  

Ibu Ani -panggilan akrabnya- menyebut, ini merupakan langkah antisipatif pemerintah di era extraordinary seperti sekarang.

Baca Juga:

“Agar stabilitas keuangan terjaga, dan mendukung PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional, red) saat pandemi ini, ” katanya saat konferensi pers secara daring.

Kajian itu disusun dengan mempertimbangkan perkembangan sektor keuangan zaman ini dan asesmen forward looking , termasuk menunjuk pada hasil evaluasi simulasi pencegahan dan penanganan krisis yang dikerjakan secara berkala oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Lebih lanjut, kata Bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia itu terdapat lima fokus usulan pengukuhan di dalam kajian tersebut, dengan dinilai menjadi faktor penting buat menjaga stabilitas keuangan nasional.

Baca Juga:

Prima, penguatan di sisi basis bukti dan informasi terintegrasi antar lembaga, termasuk koordinasi antar lembaga di pengkinian, rekonsiliasi, serta verifikasi dengan lebih intens.  

“Strategi ini juga sebagai bentuk mekanisme check and balances antarlembaga, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia dan Lembaga Penjamin Simpanan, ” lanjutnya.