Site Overlay

Airlangga Beberkan Empat Pilar Utama Kerangka Strategi Ekonomi Digital

jpnn. com , JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan empat pilar utama dalam kondisi strategi ekonomi digital.

Hal itu telah ditetapkan sesuai pengutamaan nasional dan program-program primadona pemerintah.

Airlangga menyatakan, kerangka desain ekonomi digital ini ditata melalui diskusi bersama kementerian/lembaga dan stakeholder lain biar mewujudkan pertumbuhan ekonomi  terus-menerus dan inklusif dengan optimalisasi di sektor digital.

Baca Selalu:

“Strategi itu ditata memperhatikan kompleksitas dan implikasi kebijakan antarotoritas serta keinginan para pemangku kepentingan pada pusat dan daerah, ” kata dia dalam awal Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) mengikuti Peluncuran Percepatan dan Pengembangan Digitalisasi Daerah (P2DD) dalam Jakarta, Senin (5/4).

Airlangga menyebutkan pilar pertama adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya talenta digital yang memiliki keterampilan dalam sains dan teknologi.

Pilar kedua yaitu memperkuat infrastruktur digital & infrastruktur fisik yang dibutuhkan untuk meningkatkan arus ekonomi serta menciptakan peluang kerja di kedua sektor itu.

Membaca Juga:

“Pilar ketiga penyederhanaan berbagai birokrasi menggunakan kebijakan, aturan, dan penumpil yang mendukung dan mengurangi hambatan-hambatan inovasi, ” perkataan dia.

Politikus Golkar itu mengucapkan, pilar keempat ialah studi (research) dan inovasi digital yang diperlukan untuk menghasilkan nilai tambah industri dan mengurangi ketergantungan SDA.